TY - THES ID - eprints63111 UR - http://digilib.unila.ac.id/63111/ A1 - ALHAFIDZ RIANDENI, 1823053038 Y1 - 2022/05/27/ N2 - Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen penilaian kognitif berbasis student active learning yang valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran tematik untuk peserta didik sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (research and development) mengadopsi model Borg and Gall. Terdiri atas 7 tahap, yaitu tahap 1 penelitian dan pengumpulan informasi. Tahap ini menghasilkan data tentang pentingnya pengembangan instrumen kognitif dalam pembelajaran tematik dan informasi tentang pembelajaran berbasis student active learning. Tahap 2 dan 3, perencanaan dan pengembangan, pada tahap ini dihasilkan storyboard instrumen penilaian kognitif, rumusan indikator penelitian, desain penelitian, dan produk awal instrumen penilaian kognitif. Tahap 4 dan 5, uji lapangan awal dan revisi, pada tahap ini dihasilkan produk instrumen penilaian kognitif yang valid secara teori yang dilakukan oleh ahli materi, ahli Bahasa, dan ahli evaluasi dengan nilai masing-masing, 94,13; 94,23; dan 93,75 termasuk kategori sangat valid. Tahap 6 dan 7, uji produk utama dan revisi, pada tahap ini dihasilkan semua butir instrumen penilaian kognitif dinyatakan valid dengan nilai rh 0.93 dan rt 0.17, rh > rt, Reliable dengan sig.(1 tailed) < 0,05. Kata Kunci: Instrumen Penilaian, Kognitif, Student Active Learning. PB - UNIVERSITAS LAMPUNG M1 - masters TI - PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF BERBASIS STUDENT ACTIVE LEARNING UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR AV - restricted EP - 1823053038 ER -