?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=1813022004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENERAPAN+MODEL+PBL+TERINTEGRASI+STEM+DENGAN+FLIPPED+CLASSROOM+UNTUK+MENINGKATKAN+KEMAMPUAN+BERPIKIR+SISTEM+SISWA+PADA+TOPIK+PERUBAHAN+IKLIM%0D%0A&rft.creator=+AJENG+RAHAYU%2C+1813022004&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=530+Fisika&rft.description=Tujuan+pada+penelitian+ini+untuk+mengetahui+pengaruh+penerapan+PBL+terintegrasi+STEM+dengan+Flipped++Classroom+untuk+meningkatkan+kemampuan+berpikir+Sistem+siswa+SMA+Pada+Topik+Peubahan+Iklim.+Penelitian+ini+menggunakan+pendekatan+kuantitatif+dengan+metode+quasi+eksperimen+dengan+non-equivalent+control+group+design+dengan+melibatkan+65+siswa+kelas+XI+SMA.+Kelas+Eksperimen+diajarkan+menggunakan+model+PBL+terintegrasi+STEM+berbantu+Flipped+Classroom+dan+pada+kelas+kontrol+diajarkan+menggunakan+model+IBL+terintegrasi+STEM+dengan+berbantuan+Flipped+Classroom.+Instrumen+penelitian+yang+digunakan+berupa+tes+kemampuan+berpikir+sistem+berbasis+konten+perubahan+iklim+(Climate+Change+for+System+Thinking+Achievement+Test).+Hasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+kemampuan+berpikir+sistem+siswa+di+kelas+eksperimen+lebih+tinggi+dibandingkan+dengan+kelas+kontrol.+Hasil+uji+ANCOVA+menunjukkan+bahwa+pembelajaran+dengan+menggunakan+topik+perubahan+iklim+dengan+menggunakan+model+PBL+terintegrasi+STEM+berbantuan+flipped+clasroom.++memilki+dampak+yang+signifikan+dalam+menumbuhkan+kemampuan+berpikir+sistem+siswa+yang+ditunjukkan+dengan++1%2C586++dengan+kategori+sangat+tinggi.+Penerapan+model+PBL+terintegrasi+STEM+dengan+flipped+classroom+untuk+meningkatkan+berpikir+sistem+pada+topik+perubahan+iklim.+Melalui+pendekatan+STEM+yang+diterapkan+pada+materi+perubahan+iklim+peserta+didik++menunjukkan+perfoma+yang+baik+dalam+memberntuk+kreatifitas%2C+meningkatkan+penguasaan+materi+dan+menggiring+peserta+didik+untuk+lebih+menyadari+pentingnya+menjaga+lingkungan.%0D%0A%0D%0AKata+Kunci%3A+Problem+Based+Learning%2C+Flipped+Classroom%3B+Kemampuan+berpikir+sistem%3B+Pendekatan+STEM%3B+Perubahan+Iklim%0D%0A&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2022-05-30&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F63114%2F1%2F1.%2520ABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F63114%2F2%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F63114%2F3%2F3.%2520SKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=+++AJENG+RAHAYU%2C+1813022004++(2022)+PENERAPAN+MODEL+PBL+TERINTEGRASI+STEM+DENGAN+FLIPPED+CLASSROOM+UNTUK+MENINGKATKAN+KEMAMPUAN+BERPIKIR+SISTEM+SISWA+PADA+TOPIK+PERUBAHAN+IKLIM.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F63114%2F