?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=1713024026&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=EFEKTIVITAS+PEMBELAJARAN+DARING+MENGGUNAKAN+METODE+DISKUSI+KELOMPOK+KECIL+DALAM+MENINGKATKAN+HASIL+BELAJAR+DAN+STRATEGI+METAKOGNISI+PESERTA+DIDIK&rft.creator=+DHEMI+FEBRIANI%2C+1713024026&rft.subject=500+ilmu+pengetahuan+alam+dan+matematika&rft.subject=507+Pendidikan%2C+penelitian%2C+topik+terkait+ilmu+pengetahuan+alam&rft.description=ABSTRAK%0D%0APenelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+efektivitas+pembelajaran+daring+menggunakan+metode+diskusi+kelompok+kecil+dalam+meningkatkan+hasil+belajar+dan+strategi+metakognisi+peserta+didik.+Metode+yang+digunakan+pada+penelitian+ini+yaitu+eksperimen+semu+(quasi+eksperiment)+dengan+pretest+posttest+control+group+design.+Populasi+dalam+penelitian+ini+ialah+seluruh+siswa+kelas+X+IPA+SMA+Negeri+1+Seputih+Agung+tahun+ajaran+2020%2F2021.+Teknik+pengambilan+sampel+menggunakan+adalah+randomize+block+design%2C+diperoleh+kelas+X+IPA+5+sebagai+kelas+eksperimen+dan+X+IPA+2+sebagai+kelas+kontrol.+Data+yang+digunakan+dalam+penelitian+ini+berupa+data+kuantitatif+yang+diperoleh+dari+nilai+pretest%2C+posttest+dan+nilai+n-Gain+yang+selanjutnya+dianalisis+menggunakan+uji+mann+whitney+pada+data+hasil+belajar+dan+independent+samples+t-test+pada+data+strategi+metakognisi.+Hasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+hasil+belajar+peserta+didik+memiliki+rata-rata+n%EF%BF%BDGain+pada+kelas+eksperimen+lebih+tinggi+(0%2C61)+dibanding+kelas+kontrol+(0%2C44)+dengan+perbedaan+kriteria+n-Gain+hasil+belajar+tiap+peserta+didik%2C+pada+kelas+eksperimen+diperoleh+hasil+lebih+dari+75%25+siswa+memiliki+n-Gain+berkriteria+%E2%80%9Csedang%E2%80%9D+hingga+%E2%80%9Ctinggi%E2%80%9D.+Selain+itu%2C+strategi+metakognisi+peserta+didik+memiliki+hasil+rata-rata+n-Gain+pada+kelas+eksperimen+lebih+tinggi+(0%2C40)+dibanding+kelas+kontrol+(0%2C35)+dalam+kategori+%E2%80%9Csedang%E2%80%9D.+Dengan+demikian+dapat+disimpulkan+bahwa+metode+diskusi+kelompok+kecil+efektif+dalam+meningkatkan+hasil+belajar+dan+strategi+metakognisi+peserta+didik.%0D%0A%0D%0AKata+Kunci%3A+pembelajaran+daring%2C+metode+diskusi+kelompok+kecil%2C+hasil+belajar%2C+%0D%0Astrategi+metakognisi&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2022-06-06&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F63124%2F1%2F1.%2520ABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F63124%2F2%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F63124%2F3%2F3.%2520SKRIPSI%2520FULL%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=+++DHEMI+FEBRIANI%2C+1713024026++(2022)+EFEKTIVITAS+PEMBELAJARAN+DARING+MENGGUNAKAN+METODE+DISKUSI+KELOMPOK+KECIL+DALAM+MENINGKATKAN+HASIL+BELAJAR+DAN+STRATEGI+METAKOGNISI+PESERTA+DIDIK.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F63124%2F