TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints63124 UR - http://digilib.unila.ac.id/63124/ A1 - DHEMI FEBRIANI, 1713024026 Y1 - 2022/06/06/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring menggunakan metode diskusi kelompok kecil dalam meningkatkan hasil belajar dan strategi metakognisi peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Seputih Agung tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengambilan sampel menggunakan adalah randomize block design, diperoleh kelas X IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari nilai pretest, posttest dan nilai n-Gain yang selanjutnya dianalisis menggunakan uji mann whitney pada data hasil belajar dan independent samples t-test pada data strategi metakognisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik memiliki rata-rata n?Gain pada kelas eksperimen lebih tinggi (0,61) dibanding kelas kontrol (0,44) dengan perbedaan kriteria n-Gain hasil belajar tiap peserta didik, pada kelas eksperimen diperoleh hasil lebih dari 75% siswa memiliki n-Gain berkriteria ?sedang? hingga ?tinggi?. Selain itu, strategi metakognisi peserta didik memiliki hasil rata-rata n-Gain pada kelas eksperimen lebih tinggi (0,40) dibanding kelas kontrol (0,35) dalam kategori ?sedang?. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode diskusi kelompok kecil efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan strategi metakognisi peserta didik. Kata Kunci: pembelajaran daring, metode diskusi kelompok kecil, hasil belajar, strategi metakognisi PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN STRATEGI METAKOGNISI PESERTA DIDIK AV - restricted ER -