TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints63201 UR - http://digilib.unila.ac.id/63201/ A1 - Nindi Silvi Dewi, 1713024045 Y1 - 2022/04/22/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kearifan lokal daerah Pardasuka yang dapat dijadikan sumber belajar IPA SMP bermuatan STEM pada materi Sistem Gerak Manusia serta menganalisis kesesuaian kearifan lokal daerah Pardasuka sebagai sumber belajar IPA bermuatan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematic) pada materi Sistem Gerak Manusia. Subjek penelitian ini adalah tokoh adat, masyarakat, dan guru IPA yang ada di daerah Pardasuka. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data studi kepustakaan dan studi lapangan (wawancara, angket, dokumentasi). Data dalam penelitian berupa data kualitatif yaitu data hasil wawancara dan identifikasi kearifan lokal masyarakat Pardasuka yang berkaitan dengan KD IPA SMP dan bermuatan STEM. Data kuantitatif berupa data hasil perhitungan angket semi tertutup keterkaitan kearifan lokal dengan KD IPA SMP serta angket tertutup kesesuaian kearifan lokal sebagai sumber belajar IPA bermuatan STEM untuk materi Sistem Gerak Manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kearifan lokal daerah Pardasuka dapat dijadikan sumber belajar IPA SMP bermuatan STEM pada materi Sistem Gerak Manusia. (2) kearifan lokal pincak khakot dan tari khesek sangat sesuai untuk dijadikan sebagai sumber belajar IPA bermuatan STEM pada pembelajaran materi Sistem Gerak Manusia. Kata kunci: sumber belajar IPA, STEM, kearifan lokal, sistem gerak manusia PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - ANALISIS SUMBER BELAJAR IPA SMP BERMUATAN STEM (SCIENCE TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATIC) YANG BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI PARDASUKA KABUPATEN PRINGSEWU PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA AV - restricted ER -