%0 Generic %A Rayhan Shabir, 1753025002 %C Universitas Lampung %D 2022 %F eprints:63226 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENGEMBANGAN VIDEO MOTION GRAPHICS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI JARINGAN BERBASIS LUAS DI SMK NEGERI 2 BANDARLAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/63226/ %X ABSTRAK PENGEMBANGAN VIDEO MOTION GRAPHICS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI JARINGAN BERBASIS LUAS DI SMK NEGERI 2 BANDARLAMPUNG Oleh RAYHAN SHABIR Dunia pendidikan saat ini banyak memanfaatkan bantuan berupa teknologi seperti perangkat komputer untuk membantu proses penyampaian materi. Salah satunya video motion graphics. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui kevaliditasan video motion graphics sebagai media pembelajaran pada materi jaringan berbasis luas di SMK Negeri 2 Bandarlampung. (2) Mengetahui kepraktisan video motion graphics sebagai media pembelajaran pada materi jaringan berbasis luas di SMK Negeri 2 Bandarlampung. Jenis penelitian ini adalah Reasearch and Development (R&D). Subyek penelitian adalah siswa kelas XI Teknik Komputer Jaringan sebanyak 24 siswa. Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE terdiri dari Analysis, Desain, Development, Implemtation, and Evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah berupa lembar angket validasi ahli dan lembar angket respon siswa. Angket validasi ahli digunakan untuk menilai kevalidan video motion graphics sebagai media pembelajaran pada materi jaringan berbasis luas dan angket respon siswa untuk menilai kepraktisan video motion graphics sebagai media pembelajaran pada materi jaringan berbasis luas. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) video motion graphics pada materi jaringan berbasis luas yang telah dikembangkan telah memenuhi kriteria valid. Berdasarkan hasil penilaian ahli media pada aspek tampilan sebesar 0,67, aspek kelengkapan media sebesar 0,75 dalam kategori valid atau layak. Penilaian ahli materi pada aspek pembelajaran sebesaran 0,69, aspek kebahasaan sebesar 0,64 dalam kategori valid atau layak digunakan. (2) video motion graphics pada materi jaringan berbasis luas yang telah dikembangkan telah memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata uji respon siswa 74%. Kata kunci: ADDIE, video, motion graphics, jaringan berbasis luas.