%0 Generic %A ANGGI APRILIA, 1906071028 %D 2022 %F eprints:63307 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %T STRATEGI PUBLIC RELATIONS PT PERKEBUNAN NUSANTARA VII DALAM MELAKSANAKAN PUBLISITAS BERITA POSITIF PERUSAHAAN %U http://digilib.unila.ac.id/63307/ %X Strategi merupakan sebuah rencana yang disusun untuk memberikan arah tindakan dan cara bagaimana tindakan tersebut dilakukan untuk mencapai tujuan. PT Perkebunan Nusantara VII merupakan perusahaan yang menjalankan usaha di bidang agribisnis dan agroindustri yang memiliki empat komoditas utama, yaitu sawit, karet, gula, dan tebu. Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi Public Relations yang dilakukan Humas PT Perkebunan Nusantara VII dalam menjalin hubungan baik dengan media (Media Relations) guna melaksanakan publisitas berita positif perusahaan. Dengan kata lain terdapat simbiosis mutualisme yang terbangun di antara keduanya yang pada akhirnya melahirkan sebuah hubungan yang harmonis. Dalam Tugas Akhir ini penulis menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penulisan ini menunjukkan bahwa dalam melakukan strategi Public Relations, Humas PT Perkebunan Nusantara VII menggunakan pendekatan kerja sama. Pendekatan kerja sama dilakukan sebagai upaya membina hubungan yang harmonis dengan media melalui Media Relations. Kegiatan Media Relations yang dilakukan PT Perkebunan Nusantara VII adalah media gathering, media visit, menyelenggarakan konferensi pers, memfasilitasi karyawan dalam mendapatkan informasi (news services), dan manajemen konflik. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengaruh positif terhadap perusahaan dalam mencapai publisitas yang maksimal terkait publisitas berita positif perusahaan, dan untuk keberlangsungan usaha. Hubungan yang dibangun antara Humas PT Perkebunan Nusantara VII dengan media juga berdiri di atas prinsip saling menghargai peran dan fungsinya masing-masing. Kata Kunci : Strategi, Public Relations, Media Relations, Publisitas, Berita abstract Strategy is a plan drawn up to provide direction for action and the way in which these actions are taken to achieve goals. PT Perkebunan Nusantara VII is a company that operates in the field of agribusiness and agro-industry which has 4 main commodities, namely palm oil, rubber, sugar, and sugar cane. The purpose of writing this Final Project is to find out how the Public Relations strategy carried out by PR PT Perkebunan Nusantara VII in establishing good relations with the media (Media Relations) in order to carry out positive corporate news publicity. In other words, there is a symbiotic mutualism that is built between the two which ultimately gives birth to a harmonious relationship. In this final project the author uses data collection methods in the form of observation, interviews, documentation, and literature study. The results of this paper indicate that in carrying out the Public Relations strategy, Public Relations of PT Perkebunan Nusantara VII uses a cooperative approach. The cooperative approach is carried out an effort to foster harmonious relations with the media through Media Relations. Media Relations activities carried out by PT Perkebunan Nusantara VII are media gatherings, media visits, holding press conferences, facilitating employees in obtaining information (news services), and conflict management. Through this activity, it is expected to have a positive influence on the company in achieving maximum publicity related to the company's positive news publicity, and for business continuity. The relationship that was built between the PR of PT Perkebunan Nusantara VII and the media also stood on the principle of mutual respect for each other's roles and functions. Keywords: Strategy, Public Relations, Media Relations, Publicity, News