%0 Thesis %9 Masters %A SUSILOWATI, AYU RIZKI %B FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2022 %F eprints:63371 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %P 1823053009 %T PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR %U http://digilib.unila.ac.id/63371/ %X Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk buku cerita bergambar berbasis masalah yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V Sekolah Dasar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Pandansurat. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang terdiri atas 3 tahapan, yaitu Analisis Kebutuhan, Pengembangan Model dan Uji Efektivitas Model Hasil Pengembangan. Pada tahap Pengembangan Model, penelitian ini menggunakan 2 siklus yang masing-masing siklusnya menerapkan langkah-langkah ADDIE. Berdasarkan pada hasil validasi ahli materi, diketahui bahwa substansi buku cerita bergambar bernilai “baik”. Sedangkan, menurut hasil validasi ahli bahasa bernilai “sangat baik”. Selain itu, rata-rata nilai pretest dan posttest kemampuan berpikir kritis siswa pada saat uji empiris di kelas eksperimen menunjukkan peningkatan, begitu halnya dengan perolehan n-gain sebesar 0,70. Pada uji independent sample t test diketahui bahwa nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,000 atau kurang dari 0,05, yang artinya terjadi perbedaan hasil skor kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Paparan tersebut menjelaskan bahwa penggunaan buku cerita bergambar berbasis masalah lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V Sekolah Dasar. Kata Kunci: buku cerita bergambar, masalah, kemampuan berpikir kritis ABSTRACT The purpose of this research is to produce a problem-based picture book product that is more effective in improving the critical thinking skills of fifth-grade students. The subjects in this study were fifth-grade students of SD Negeri 1 Pandansurat. This research is development research which consists of 3 stages of development research, such as Needs Analysis, Model Development, and Testing the Effectiveness of the Development Result Model. At the Development Model, this research use 2 cycles which is each cycle refers to ADDIE. Based on the results of material expert validation, the substance of the picture storybook is of "good". Meanwhile, according to the results of the validation of linguists, it is "very good". In addition, the average pretest and posttest scores critical thinking skills in the experiment class showed an increase, as well as the n-gain 0,70. In the independent sample t-test, the significance value (2-tailed) is 0,000 or less than 0,05, which means that there is a difference scores in the experiment class than control class. It explains that problem-based picture storybook is more effective in improving the critical thinking skills of fifth-grade elementary school students. Keywords: picture storybooks, problem, critical thinking skills.