%A 101305360 Indah Nur Akbar %T PENERAPAN MODEL PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 1 SD N 07 METRO TIMUR %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas 1 SD Negeri 07 Metro Timur pada pembelajaran tematik. Siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) pada tema keempat ?Keluargaku? mencapai 28,57% dengan kategori ?Sangat Rendah?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model PAIKEM. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk data aktivitas siswa dan lembar tes untuk data hasil belajar siswa. Data aktivitas siswa dianalisis dengan teknik kualitatif, sedangkan data hasil belajar siswa dianalisis dengan teknik kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PAIKEM dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 51,16 dengan kategori ?Cukup?, kemudian meningkat sebesar 11,11 pada siklus II menjadi 62,27 dengan kategori ?Baik? dan meningkat kembali sebesar 9,56 pada siklus III menjadi 71,83 dengan kategori ?Sangat Baik?. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 63,57 dengan kategori ?Cukup?, kemudian meningkat sebesar 9,64 pada siklus II menjadi 73,21 dengan kategori ?Baik?, dan selanjutnya mengalami peningkatan kembali sebesar 8,21 pada siklus III menjadi 81,42 dengan kategori ?Sangat Baik?. Kata kunci : paikem, aktivitas siswa, hasil belajar. %C Universitas Lampung %D 2014 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints6338