<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "SIFAT MEKANIK KOMPOSIT KERAMIK BERPENGUAT FLY\r\nASH DAN SERAT WOVEN/SiC SEBAGAI PELAPIS PIPA SLURRY\r\nTRANSPORT"^^ . "Pada sistem perpipaan slurry transport pada PLTU, pipa digunakan untuk\r\nmendistribusikan fly ash sisa pembakaran batu bara, sehingga pipa menjadi lebih\r\nabrasif yang berdampak pada sistem operasi. Pelapisan pada internal pipa baja\r\ndengan komposit dilakukan sehingga dapat menambah usia pakai pipa. Komposit\r\nkeramik dengan matrik kaolin diberikan penguat fly ash, carbon black (CB), serat\r\nkarbon dan gelas, serta serat SiC. Ukuran serbuk sebesar 100 μm, dengan\r\npencampuran serbuk selama 90 menit. Pada serat karbon dan gelas dengan\r\nsusunan serat woven dan serat SiC acak. Pembentukan sampel menggunakan\r\nmetode uniaksial pada tekanan 25 MPa. Selanjutnya sintering pada suhu 1100 °C,\r\nditahan selama 2 jam. Pengujian yang dilakukan meliputi, uji TG/DTA, densitas\r\ndan porositas, uji keausan, kekuatan tekan dan SEM.\r\nHasil penelitian menunjukkan pada komposit berpenguat serat karbon dan gelas\r\ndengan susunan serat woven tidak dapat digunakan karena serat tidak tahan\r\nterhadap temperatur sintering kaolin yang tinggi. Akibat temperatur sintering yang\r\nrendah menyebabkan nilai densitas rendah dan porositas tinggi, serta komposit\r\nmemiliki nilai spesifik abrasi yang tinggi. Pada komposit berpenguat serat SiC\r\ndengan orientasi serat acak menunjukan nilai densitas yang meningkat dan\r\nporositas menurun seiring dengan kenaikan suhu sintering. Nilai densitas tertinggi\r\nsebesar 17,23 gr/cm³ sampel KS dan densitas terendah sebesar 16,02 gr/cm³\r\nsampel KCB. Densitas yang rendah pada sampel KCB akibat tanpa adanya\r\npenguat serat. Serta nilai porositas terendah yaitu 4,64 % pada sampel KCBS dan\r\nporositas tertinggi yaitu 5,76 % pada sampel KFS. Pada uji keausan, nilai spesifik\r\nabrasi terendah yaitu 3.52 x 10-6 mm³/mm pada sampel KCBS dan nilai spesifik\r\nabrasi tertinggi yaitu 16.25 x 10-6 mm3/mm pada sampel KFS. Untuk nilai uji\r\nkekuatan tekan terendah yaitu 4.58 kgf/mm2 pada sampel KCB dan nilai kekuatan\r\ntekan tertinggi yaitu 12.42 kgf/mm2 pada sampel KCBS. Penambahan serat SiC\r\ndan carbon black (CB) dapat meningkatkan ketahanan aus serta kekuatan tekan\r\npada komposit. Hasil foto SEM menunjukan semakin merata ukuran maupun\r\nbentuk butir yang seragam diiringi jumlah pori yang semakin sedikit\r\nmengindikasikan sampel tersebut memiliki efek kekuatan yang besar dibuktikan\r\ndari hasil uji pada sampel KCBS.\r\nKata kunci: komposit keramik, kaolin, fly ash, carbon black (CB), serat karbon\r\ndan gelas woven dan serat SiC.\r\nIn the slurry transport piping system at the PLTU, the pipe is used to distribute fly\r\nash left over from coal combustion, so that the pipe becomes more abrasive which\r\nhas an impact on the operating system. The internal coating of the steel pipe with\r\nceramic composite is carried out so that it can increase the service life of the pipe.\r\nCeramic composites with kaolin matrix are reinforced with fly ash, carbon black\r\n(CB), carbon and glass fiber, and SiC fiber. The size of the powder was 100 μm,\r\nwith powder mixing for 90 minutes. In carbon and glass fiber with the\r\narrangement of woven fiber and random SiC fiber. Formation of the sample using\r\nthe uniaxial method at a pressure of 25 MPa. Then sintered at a temperature of\r\n1100 °C, held for 2 hours. Tests carried out include, TG/DTA test, density and\r\nporosity, wear test, compressive strength and SEM.\r\nThe results showed that carbon and glass fiber reinforced composites with woven\r\nfiber composition could not be used because the fibers could not withstand high\r\nkaolin sintering temperatures. Due to the low sintering temperature, the density\r\nvalues are low and the porosity is high, and the composite has a high specific\r\nabrasion value. In SiC fiber-reinforced composites with random fiber orientation,\r\nthe density value increases and the porosity decreaseswith increasing sintering\r\ntemperature. The highest density value was 17.23 gr/cm3 KS sample and the\r\nlowest density was 16.02 gr/cm3 KCB sample. The low density of the KCB\r\nsample is due to the absence of fiber reinforcement. And the lowest porosity value\r\nis 4.64 % in the KCBS sample and the highest porosity is 5.76 % in the KFS\r\nsample. In the wear test, the lowest specific abrasion value is 3.52 x 10-6 mm3/mm\r\nKCBS samples and the highest specific abrasion was 16.25 x 10-6 mm3/mm KFS\r\nsamples. Then in the lowest value of 4.58 kgf/mm2 KCB samples and the highest\r\ncompressive strength test of 12.42 kgf/mm2 KCBS samples. The addition of SiC\r\nfiber and carbon black (CB) can increase the wear resistance and compressive\r\nstrength of the composite. The results of the SEM photo show that the size and\r\nshape of the grains are uniform and the number of pores is getting smaller,\r\nindicating that the sample has a large strength effect, as evidenced by the results\r\nof the KCBS sample test.\r\nKeywords: ceramic composite, kaolin, fly ash, carbon black (CB), carbon fiber\r\nand glass woven and SiC fiber.\r\n\r\n\r\n"^^ . "2022-04-23" . . . . . "UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . "FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . . . . . . . "1825021002"^^ . "BENY HARTAWAN"^^ . "1825021002 BENY HARTAWAN"^^ . . . . . . "SIFAT MEKANIK KOMPOSIT KERAMIK BERPENGUAT FLY\r\nASH DAN SERAT WOVEN/SiC SEBAGAI PELAPIS PIPA SLURRY\r\nTRANSPORT (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "SIFAT MEKANIK KOMPOSIT KERAMIK BERPENGUAT FLY\r\nASH DAN SERAT WOVEN/SiC SEBAGAI PELAPIS PIPA SLURRY\r\nTRANSPORT (File PDF)"^^ . . . "SIFAT MEKANIK KOMPOSIT KERAMIK BERPENGUAT FLY\r\nASH DAN SERAT WOVEN/SiC SEBAGAI PELAPIS PIPA SLURRY\r\nTRANSPORT (File PDF)"^^ . . . "TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "SIFAT MEKANIK KOMPOSIT KERAMIK BERPENGUAT FLY\r\nASH DAN SERAT WOVEN/SiC SEBAGAI PELAPIS PIPA SLURRY\r\nTRANSPORT (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "SIFAT MEKANIK KOMPOSIT KERAMIK BERPENGUAT FLY\r\nASH DAN SERAT WOVEN/SiC SEBAGAI PELAPIS PIPA SLURRY\r\nTRANSPORT (Other)"^^ . . . . . . "SIFAT MEKANIK KOMPOSIT KERAMIK BERPENGUAT FLY\r\nASH DAN SERAT WOVEN/SiC SEBAGAI PELAPIS PIPA SLURRY\r\nTRANSPORT (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "SIFAT MEKANIK KOMPOSIT KERAMIK BERPENGUAT FLY\r\nASH DAN SERAT WOVEN/SiC SEBAGAI PELAPIS PIPA SLURRY\r\nTRANSPORT (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "SIFAT MEKANIK KOMPOSIT KERAMIK BERPENGUAT FLY\r\nASH DAN SERAT WOVEN/SiC SEBAGAI PELAPIS PIPA SLURRY\r\nTRANSPORT (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "SIFAT MEKANIK KOMPOSIT KERAMIK BERPENGUAT FLY\r\nASH DAN SERAT WOVEN/SiC SEBAGAI PELAPIS PIPA SLURRY\r\nTRANSPORT (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "SIFAT MEKANIK KOMPOSIT KERAMIK BERPENGUAT FLY\r\nASH DAN SERAT WOVEN/SiC SEBAGAI PELAPIS PIPA SLURRY\r\nTRANSPORT (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "SIFAT MEKANIK KOMPOSIT KERAMIK BERPENGUAT FLY\r\nASH DAN SERAT WOVEN/SiC SEBAGAI PELAPIS PIPA SLURRY\r\nTRANSPORT (Other)"^^ . . . . . . "SIFAT MEKANIK KOMPOSIT KERAMIK BERPENGUAT FLY\r\nASH DAN SERAT WOVEN/SiC SEBAGAI PELAPIS PIPA SLURRY\r\nTRANSPORT (Other)"^^ . . . . . . "SIFAT MEKANIK KOMPOSIT KERAMIK BERPENGUAT FLY\r\nASH DAN SERAT WOVEN/SiC SEBAGAI PELAPIS PIPA SLURRY\r\nTRANSPORT (Other)"^^ . . . . . . "SIFAT MEKANIK KOMPOSIT KERAMIK BERPENGUAT FLY\r\nASH DAN SERAT WOVEN/SiC SEBAGAI PELAPIS PIPA SLURRY\r\nTRANSPORT (Other)"^^ . . . . . . "SIFAT MEKANIK KOMPOSIT KERAMIK BERPENGUAT FLY\r\nASH DAN SERAT WOVEN/SiC SEBAGAI PELAPIS PIPA SLURRY\r\nTRANSPORT (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "SIFAT MEKANIK KOMPOSIT KERAMIK BERPENGUAT FLY\r\nASH DAN SERAT WOVEN/SiC SEBAGAI PELAPIS PIPA SLURRY\r\nTRANSPORT (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "SIFAT MEKANIK KOMPOSIT KERAMIK BERPENGUAT FLY\r\nASH DAN SERAT WOVEN/SiC SEBAGAI PELAPIS PIPA SLURRY\r\nTRANSPORT (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "SIFAT MEKANIK KOMPOSIT KERAMIK BERPENGUAT FLY\r\nASH DAN SERAT WOVEN/SiC SEBAGAI PELAPIS PIPA SLURRY\r\nTRANSPORT (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #63388 \n\nSIFAT MEKANIK KOMPOSIT KERAMIK BERPENGUAT FLY \nASH DAN SERAT WOVEN/SiC SEBAGAI PELAPIS PIPA SLURRY \nTRANSPORT\n\n" . "text/html" . . . "000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum" . . . "620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan" . .