TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints63395 UR - http://digilib.unila.ac.id/63395/ A1 - SUKMAWATI , RAHMA Y1 - 2022/05/23/ N2 - Penelitian bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan penilaian pembelajaran daring oleh pendidik kelas IV. Metode penelitian ini menggunakan jenis kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek data ini meliputi ketua pengembang kurikulum, pendidik, peserta didik, dan orang tua. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Fokus dalam penelitian ini adalah studi deskriptif pelaksanaan penilaian pembelajaran daring oleh pendidik kelas IV SD Negeri 1 Pringsewu Selatan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu perencanaan penilaian pembelajaran daring oleh pendidik kelas IV belum terlihat dalam perancangan bentuk dan teknik penilaian. Pelaksanaan penilaian kompetensi pengetahuan berasal dari penilaian harian, penilaian tengah semester, dan penilaian akhir semester yang menggunakan teknik tes tertulis dan penugasan dalam bentuk soal pilihan ganda dan uraian. Pelaksanaan penilaian kompetensi keterampilan menggunakan teknik penilaian praktik dan produk. Pengolahan nilai kompetensi pengetahuan menggunakan pembobotan penilaian harian 50%: penilaian tengah semester 25%: penilaian akhir semester 25%, sedangkan pengolahan kompetensi keterampilan menggunakan nilai rata-rata atau nilai optimum, untuk predikat dan deskripsi rapor di sekolah berdasarkan KKM satuan pendidikan, kegiatan remedial dan pengayaan masih belum terlaksana. Kata Kunci: keterampilan, pembelajaran daring, pengetahuan, penilaian PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PELAKSANAAN PENILAIAN PEMBELAJARAN DARING PESERTA DIDIK KELAS IV OLEH PENDIDIK DI SD NEGERI 1 PRINGSEWU SELATAN AV - restricted ER -