%0 Generic %A ANNISYAH, 1706071019 %D 2022 %F eprints:63498 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %T Strategi Public Relations PT. KAI DIVRE IV TANJUNG KARANG Dalam Meningkatkan Pelayanan Informasi Kereta Api %U http://digilib.unila.ac.id/63498/ %X Humas adalah agen pembina hubungan baik antara perusahaan dan konsumennya. Salah satu tugas fungsional dan operasional humas yaitu upaya menyebarluaskan dan mempublikasikan suatu informasi atau kegiatan. Humas memiliki salah satu tugas menciptakan citra dan reputasi perusahaan dengan meminimalisir kesalahan informasi antar stakeholder, tugas ini juga dijalankan Humas PT. KAI Divre IV Tanjung Karang untuk berupaya meningkatkan kualitas penyebarluasan informasi melalui media-media yang dimiliki, agar mempermudah pengguna jasa layanannya mengakses informasi yang ada PT. KAI Divre IV Tanjung Karang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa strategi public relations PT. Kereta Api Indonesia dalam meningkatkan pelayanan informasi kereta api. Tehnik dalam mengumpulkan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi serta menggunakan sebaran kuisioner sebagai data pedukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi public relations PT. Kereta Api Indonesia Tanjung Karang dalam meningkatkan pelayanan informasi kereta api adalah dengan menerapkan budaya 3S (senyum, salam, sapa) pada petugas loket, memberikan informasi melalui media sosial seperti website, instagram, twitter dan facebook. Pemesanan tiket yang dapat dilakukan secara online dan dapat dilakukan pembayaran dimanapun. Strategi ini mendapatkan penilaian 3,31 dari skala 1-4. Ini menunjukan bahwa pengguna jasa pelayanan yang menunjukan hasil yang puas serta dapat dikatakan berjalan baik. Kata kunci : Pelayanan Informasi, PT. Kereta Api Indonesia, Strategi