creators_name: SUSANA , SUSANA creators_id: 1923053018 type: thesis datestamp: 2022-06-22 08:37:55 lastmod: 2022-06-22 08:37:55 metadata_visibility: show title: PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK BERBASIS SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR ispublished: pub subjects: 370 full_text_status: restricted abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasil worksheet yang valid, praktis dan efektif untuk siswa sekolah dasar kelas IV. Penelitian ini menggunakan desain yang dikembangkan oleh Borg dan Gall.Sebelum dilakukan uji lapangan terlebih dahulu dilakukan uji ahli untuk melihat validitas isi dan konstruk. Uji lapangan dilakukan di sekolah dasar Negeri 1 Perumnas Way Halim di Bandar Lampung, Lampung, Indonesia dengan jumlah sampel 58 yang terdiri atas kelas experiment 28 siswa dan control 30 siswa. Sampel diambil secara purposive sampling. Desain penelitian menggunakan the static group pretes-postes.Hasil penelitian menunjukkan bahwa worksheet berbasis SETS dinyatakan: 1) cukup valid yang ditunjukkan dengan isi pada skor 77 dan valid konstruk yang terdiri atas kevalidan gambar/media dengan skor 92 dan kevalidan Bahasa 83.33; 2) praktis yang ditunjukkan dengan keterlaksanaan produk 89.33%, dan respon siswa positif (83.29% siswa menyatakan puas); 3) Efektif yang ditunjukkan dengan perbedaan N-gain yang signifikan antara kelas eksperimen (0,56) dan kontrol (0,27).Worksheet berbasis SETS cukup valid, praktis, dan efektif digunakan pada siswa kelas IV untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Kata Kunci: LKPD, SETS, kemampuan berpikir kritis peserta didik This study is to produce a valid, practical and effective worksheet for grade IV elementary school students. This study uses 10 steps design developed by Borg and Gall. Content and construct validity tests by expertswere done before field testing the worksheet to 58 student samples from Bandar Lampung public elementary school containing 28 students of experiment group and 30 students of control group. Samples were taken by using purposive sampling. This study used static group pretest-posttest study design.The SETS worksheet is: 1) quite valid by content (77), 83.33 for language validity and by construct (92 for media validity); 2) practical (89.33% product implementation and 83.29% positive students’ responses); 3) effective (n-gains are 0.56 for experiment group and 02.7 for control group). SETS worksheet is valid, practical, and effective to use by grade IV students to improve their critical thinking skills. Keywords: Worksheet, SETS, Student’s Critical Thinking Skil date: 2022-05-19 date_type: published pages: 1923053018 institution: UNIVERSITAS LAMPUNG department: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN thesis_type: masters citation: SUSANA , SUSANA (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK BERBASIS SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/63518/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/63518/2/TESIS%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/63518/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf