%0 Thesis %9 Masters %A Wardaya, 1223031042 %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2014 %F eprints:6355 %I Universitas Lampung %T PENGEMBANGAN MODEL SIMULASI BREAK PICTURE BERBASIS NILAI PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMA NEGERI 5 METRO %U http://digilib.unila.ac.id/6355/ %X Tujuan penelitian ini mengembangkan model Simulasi Break Picture Berbasis Nilai, dimaksudkan untuk menarik minat siswa dalam peningkatan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan; dengan memadukan metode simulasi dan model picture and picture yang dimodifikasi menjadi break picture. Media Picture yang dipilih, berbasis Nilai; disebut model Simulasi Break Picture Berbasis Nilai. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R and D). Produk penelitian pengembangan ini yaitu model desain, bahan ajar dan media. Hasil penelitian menunjukkan Perhitungan ttes, taraf signifikansi 5%, dengan teknik before and after; menunjukkan ttes = 20,880; jika diperbandingkan dengan ttab setelah diinterpolasi 2,002; maka terlihat ttes > ttab. Perbandingan dengan Kelas Kontrol, taraf signifikansi 5%, menunjukkan ttes = 5.971; jika diperbandingkan dengan ttab setelah diinterpolasi 2,002; terlihat ttes > ttab; dengan efektivitas model yaitu Gain 2,00; atau 1, 48 x Konvensional. Kata kunci: model, Pendidikan Kewarganegaraan, Simulasi Break Picture.