%0 Generic %A Rizky Ajeng Setianingsih, 1713052028 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:63554 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Terhadap Kemampuan Critical Thinking dan Kepercayaan Diri Pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Pada Tahun Akademik 2020/2021 %U http://digilib.unila.ac.id/63554/ %X Permasalahan pada penelitian ini adalah kemampuan critical thinking dan kepercayaan diri mahasiswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap kemampuan critical thinking dan kepercayaan diri. Metode penelitian yang digunakan yaitu ex post facto. Sampel penelitian ini berjumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan skala keaktifan berorganisasi, critical thinking, dan kepercayaan diri. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi sederhana dengan uji-t diperoleh ttabel = 1,692, dengan signifikansi 5%. Hasil penelitian diperoleh (1) tidak tedapat pengaruh antara keaktifan beorganisasi dengan kemampuan critical thinking ditunjukkan thitung = 0,234 ttabel =1,692 yang berarti Ha2 diterima dan ho2 ditolak. Kesimpulan penelitian bahwa keaktifan mahasiswa berorganisasi memiliki pengaruh yang signifikan pada kepecayaan diri mahasiswa. Sedangkan kemampuan critical thinking mahasiswa tidak dipengaruhi oleh keaktifannya dalam berorganisasi.