%0 Generic %A EDI CAHYA AMANDA, 1713034042 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:63570 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SELAMA PEMBELAJARAN DARING DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 LIWA %U http://digilib.unila.ac.id/63570/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar siswa, hubungan kemampuan kognitif dengan hasil belajar, dan hubungan disiplim belajar dan kemampuan kognitif secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS sebanyak 125 siswa dengan jumlah sampel 95 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Uji coba instrument dengan uji validitas menggunakan product moment, dan uji reliabilatas menggunakan koefisien alpha cronbach. Uji prasyarat analisis menggunakan uji lineritas dan uji multikolonieritas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Disiplin belajar memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Geografi kelas XI IPS di SMA Negeri I Liwa. (2) Kemampuan kognitif memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Geografi kelas XI IPS di SMA Negeri I Liwa. (3) Disiplin belajar dan Kemampuan kognitif secara bersama-sama memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Geografi kelas XI IPS di SMA Negeri I Liwa. Kata kunci: Disiplin Belajar, Kemampuan Kognitif, dan Hasil Belajar Siswa This study aimed to find out the relationship of the learning discipline and student learning outcomes, the relationship of the cognitive abilities and learning outcomes, and the relationship of the learning discipline and cognitive abilities together with student learning outcomes. This research is a quantitative research with descriptive verification method. The population in this study all students of class XI IPS were 125 student with a sample of 95 student. The data were collected by a test, questionnaire and documentation. The instrument validity was assessed by the product moment and the reliability by cronbach’s alpha coefficient. The test of the analysis assumptions were test of linearity and multicolonierity. The hypothesis testing used simple regression analysis and multiple regression analysis. The results of the sudy were as follows. (1) There was a significant positive relationship of the learning discipline on the Geography learning outcomes of grade XI IPS students of SMAN 1 Liwa. (2) There was a significant positive relationship of the cognitive abilities on the Geography learning outcomes of grade XI IPS students of SMAN 1 Liwa. (3) There was a significant positive relationship of the learning discipline (X1) and cognitive abilities (X2) on their Geography learning outcomes (Y) of grade XI IPS students of SMAN 1 Liwa. Keyword: learning discipline, cognitive abilities, and learning autcome.