%0 Generic %A SILVIA IFTINA NURLAILI, 1713052005 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:63572 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI KELUARGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR MASA PANDEMI COVID-19 PADA MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMPUNG TAHUN AKADEMIK 2020/2021 %U http://digilib.unila.ac.id/63572/ %X ABSTRAK HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI KELUARGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR MASA PANDEMI COVID-19 PADA MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMPUNG TAHUN AKADEMIK 2020/2021 Oleh SILVIA IFTINA NURLAILI Permasalahan dalam penelitian ini adalah tingkat komunikasi keluarga yang masih jarang dilakukan oleh mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara komunikasi keluarga dengan motivasi belajar mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Tahun Akademik 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini sebanyak 6012 mahasiswa dan sampel sebanyak 259 mahasiswa yang diambil menggunakan teknik Voluntary Sampling (sukarela). Teknik pengumpulan data menggunakan skala komunikasi keluarga dan skala motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara komunikasi keluarga dengan motivasi belajar dengan nilai korelasi rhitung = 0,515 > rtabel = 0,138 taraf signifikan 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya adalah terdapat hubungan antara komunikasi keluarga dengan motivasi belajar pada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Tahun Akademik 2020/2021. Kata Kunci: komunikasi, keluarga, motivasi belajar, masa pandemi ABSTRACT FAMILY COMMUNICATION WITH LEARNING MOTIVATION DURING THE COVID-19 PANDEMIC IN STUDENTS OF THE FACULTY OF TEACHING AND EDUCATIONAL SCIENCES UNIVERSITY OF LAMPUNG ACADEMIC YEAR 2020/2021 By SILVIA IFTINA NURLAILI The problem in this research is the level of family communication which is still rarely done by students. The purpose of this study was to determine the relationship between family communication and student learning motivation of the Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung. This research was conducted at the Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung, Academic Year 2020/2021. The research method used is quantitative research. The population of this study was 6012 students and a sample of 259 students were taken using the voluntary sampling technique. The data collection technique used a family communication scale and a learning motivation scale. The data analysis technique used Pearson Product Moment correlation. The results showed that there was a relationship between family communication and learning motivation with a correlation value of rcount = 0.515 > rtable = 0.138 with a significant level of 0.05 then Ho was rejected and Ha was accepted. The conclusion is that there is a relationship between family communication and learning motivation for students of the Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung, Academic Year 2020/2021. Keywords: communication, family, learning motivation, pandemic period