%0 Thesis %9 Masters %A YORI TIRTA KUSUMA, 1826061001 %B FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %D 2022 %F eprints:63615 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %P 1826061001 %T PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, BUDAYA ORGANISASI, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN PESAWARAN %U http://digilib.unila.ac.id/63615/ %X Kinerja dapat diketahui dan diukur apabila sekelompok orang atau individu telah mencapai kriteria atau standar keberhasilan yang telah ditetapkan oleh organisasi. Seorang pegawai atau karyawan akan merasa bangga dan puas dengan prestasi kerja yang dicapai berdasarkan kinerja yang diberikan. Sebuah organisasi baik organisasi privat maupun organisasi publik sangat dipengaruhi oleh sumber daya, baik sumber daya manusia maupun sumber daya non manusia. Ketika sumber daya manusia berkualitas maka organisasi tersebut dapat dengan mudah mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan. Akan tetapi tidak semua sumber daya manusia dalam sebuah organisasi berkualitas sesuai harapan organisasi. Oleh karena itu sangat penting dilakukan pendayagunaan sumber daya organisasi. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kinerja sebuah organisasi, diantaranya menurunnya keinginan pegawai untuk mencapai prestasi kerja, kurangnya ketepatan waktu dalam penyelesaiaan pekerjaan sehingga kurang mentaati peraturan, pengaruh dari lingkungan atau budaya organisasi yang diterapkan. Berdasarkan hal tersebut, peneliti berniat untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan, budaya organisasi, dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai pada Sekretariat Daerah Kabupaten Pesawaran. Sampel penelitian ini berjumlah 167 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan jenis non probability sampling dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda, terlihat bahwa gaya kepemimpinan dan disiplin kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Pesawaran. Sedangkan budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Pesawaran. Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Disiplin, dan Kinerja performance can be known and measured if a group of people or individuals have achieved the criteria or standards of success that have been set by the organization. An employee or employee will feel proud and satisfied with the work performance achieved based on the given performance. An organization, both private and public organizations, is greatly influenced by resources, both human resources and non-human resources. when human resources are qualified, the organization can easily achieve the goals that have been set. however, not all human resources in an organization are of the quality as expected by the organization. therefore, it is very important to utilize organizational resources. There are several factors that can affect the performance of an organization, including the decreased desire of employees to achieve work performance, lack of timeliness in completing work so that they do not comply with regulations, the influence of the environment or organizational culture that is applied. based on this, the researcher intends to determine the effect of leadership style, organizational culture, and work discipline on employee performance at the regional Secretariat of Pesawaran Regency. The sample of this study amounted to 167 people. Sampling technique using non probability sampling with purposive sampling method . collecting records in this study using a questionnaire. The records analysis technique used is multiple regression analysis. Based on the results of multiple regression analysis, it can be seen that leadership style and work discipline have no effect on the performance of the Pesawaran Regency regional Secretariat employees. meanwhile, organizational culture has a positive and significant effect on the performance of the Pesawaran Regency regional Secretariat employees. Keywords : Leadership Style, Organizational Culture, Discipline, and Employee Performance