TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints63659 UR - http://digilib.unila.ac.id/63659/ A1 - Widiya Astuti, 1513022015 Y1 - 2022/04/04/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kolaborasi siswa kelas XI MIPA di SMA AL-HUDA Jatiagung melalui pembelajaran berbasis proyek. Penelitian dilaksanakan dengan metode kuasi eksperimental dengan menggunakan pre-test-post-test control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis untuk mengamati keterampilan proses sains dan self-assessment untuk mengetahui keterampilan kolaborasi siswa yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan dengan teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif deskriptif dan uji Wilcoxon Signed-Rank. Berdasarkan hasil penelitian ditunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata N-Gain keterampilan proses sains sebesar 0,8, sedangkan skor rata-rata keterampilan kolaborasi sebesar 79%. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan proses sains dan kolaborasi siswa setelah penggunakan e-LKPD berbasis proyek pada materi interferensi cahaya. Kata kunci: lembar kerja peserta didik elektronik, pembelajaran berbasis proyek, keterampilan proses sains (KPS), keterampilan kolaborasi. PB - FKIP TI - PENERAPAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (e-LKPD) BERBASIS PROYEK PADA MATERI INTERFERENSI CAHAYA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KOLABORASI PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA AL-HUDA JATIAGUNG AV - restricted ER -