@mastersthesis{eprints63688, month = {Juni}, title = {PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR}, school = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, author = {MERDA AGUSTINA}, year = {2022}, url = {http://digilib.unila.ac.id/63688/}, abstract = {Tujuan penelitian ini menghasilkan instrumen penilaian kinerja berbasis Project Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan merujuk pada teori R\&D Bord and Gall sampai pada tahap ketujuh. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik, pendidik, ahli materi, ahli evaluasi, dan ahli bahasa. Data penelitian diperoleh melalui observasi, angket, dokumentasi, dan tes kinerja. Berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli evaluasi dan ahli bahasa diperoleh hasil rata-rata 83,7\% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa 24 item instrumen dinyatakan valid, dimana rhitung {\ensuremath{>}} rtabel. rtabel didapat dari jumlah responden 31 orang dengan signifikansi 5\%. Hasil uji reliabilitas cronbach's alpha menunjukkan hasil 0,79 {\ensuremath{>}} 0,5 maka dapat disimpulkan bahwa instrumen pada penilaian kinerja reliabel atau konsisten dengan kategori tinggi. Uji efektifitas merujuk hasil pretest dan post test menggunakan Uji t Paired, didapatkan nilai mutlak 15,646 berarti t hitung {\ensuremath{>}} t tabel (2,040), sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan instrumen penilaian kinerja berbasis model Project Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini juga menguji aspek kepraktisan dimana instrumen yang dikembangkan memperoleh hasil rata-rata respon dari pendidik sebesar 93,7\% dan rata-rata respon peserta didik sebesar 95,5\% dengan kriteria sangat layak.} }