title: Pengembangan LKPD Tematik berbasis Problem Based Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar creator: Lufia Nuzulika, 2023053005 subject: 301 Sosiologi dan antropologi subject: 370 Pendidikan description: ABSTRAK PENGEMBANGAN LKPD TEMATIK BERBASIS PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR Oleh LUFIA NUZULIKA Masalah penelitian ini berawal dari hasil analisis kebutuhan pada pembelajaran peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKPD berbasis problem based instruction yang layak dan efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D), pengembangan dilakukan mengacu pada teori Borg & Gall. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Gugus Ki Hajar Dewantara, Metro, Lampung. Subjek penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yang sesuai dengan tujuan penelitian diperoleh sebanyak 21 peserta didik. Alat pengumpul data menggunakan instrumen tes yang valid dan reliabel. Teknik analisis data menggunakan N-Gain dengan hasil perhitungan 0,57. Hasil penelitian yang dilakukan menyatakan bahwa LKPD yang dikembangkan layak digunakan dan efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Keywords: LKPD, problem based instruction, berpikir kritis   ABSTRACT THE DEVELOPMENT OF WORK SHEET BASED ON PROBLEM BASED INSTRUCTION TO INCREASE THE CRITICAL THINKING SKILL FOR GRADE FIFTH OF ELEMENTARY SCHOOL By LUFIA NUZULIKA The research’s problem begins with a needs analysis in learning. This study aims to produce worksheet products based on problem based instruction that are feasible and effective in improving student’s critical thinking skills. This research is a Research and Development (R&D) type of research, the development is carried out referring to the theory of Borg & Gall. The population of this research is the fifth grade students of SD Gugus Ki Hajar Dewantara, Metro, Lampung. Subjects in this study were determined using purposive sampling technique obtained as many as 21 students. The data collection tool uses a valid and reliable test instrument. The data analysis technique used N-Gain. The results showed that the worksheet developed was feasible to use and effective in improving student’s' critical thinking skills. Keyword: worksheet, problem based instruction, critical thinking date: 2022-04-11 type: Tesis type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/63700/1/ABSTRAK%20Lufia%20Nuzulika.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/63700/2/Lufia%20Nuzulika_2023053005_Tesis%20Full.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/63700/3/Lufia%20Nuzulika_2023053005_Tesis%20tanpa%20pembahasan.pdf identifier: Lufia Nuzulika, 2023053005 (2022) Pengembangan LKPD Tematik berbasis Problem Based Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/63700/