%0 Generic %A NIKO ANGGAYU, 1716031096 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:63708 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %T PERANAN KOMUNIKASI PADA PROSES PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) SELAMA PANDEMI COVID-19 (Studi SLB Dharma Bhakti Dharma Pertiwi Bandarlampung) %U http://digilib.unila.ac.id/63708/ %X Proses pembelajaran anak berkebutuhan khusus menjadi salah satu hal yang menarik perhatian terlebih pada masa pandemi saat ini. Ketika proses pembelajaran luring seketika berubah menjadi daring sungguh bukan hal yang mudah untuk diadaptasi oleh seorang tenaga pendidik kepada muridnya, terlebih bagi siswa/i anak berkebutuhan khusus. Peneliti tertarik bagaimanakah komunikasi berperan dalam hal ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan humanistik dengan berdasar pada teori De Vito dengan menekankan pada aspek keterbukaan, empati, sikap mendukung, dan kualitas-kualitas lain yang menciptakan interaksi yang bermakna, jujur, dan memuaskan. Melalui pendekatan ini dimulai dengan kualitas-kualitas umum yang menentukan terciptanya hubungan antar manusia yang sangat dekat. Keberagaman karakter perkembangan yang mereka alami akan mengarah pada hasil bagaimana peranan komunikasi pada proses pembelajaran anak berkebutuhan khusus dimasa pandemi dalam menumbuhkan minat belajar dan pengembangan dirinya Kata Kunci: Komunikasi, Proses Pembelajaran, Anak Berkebutuhan Khusus, Pandemi Covid-19.