TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints63727 UR - http://digilib.unila.ac.id/63727/ A1 - DEBORA ULY GAJA , 1813031049 Y1 - 2022/06/15/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran grup Whatsapp, lingkungan belajar, dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Akuntansi. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan Akuntansi tahun pelajaran 2021-2022. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 85 orang siswa dengan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling dengan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket / kuesioner. Analisis data menggunakan Regresi Linear Sederhana dan Regresi Linear Multiple dan diolah dengan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran grup Whatsapp, lingkungan belajar, dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Akuntansi dengan kadar determinasi sebesar 0,405 atau 40,5% hasil belajar dipengaruhi oleh penggunaan media pembelajaran grup Whatsapp, lingkungan belajar, dan minat belajar, sisanya 59,5% dipengaruhi oleh faktor lain diluar yang diteliti oleh peneliti. Kata Kunci: penggunaan media pembelajaran grup whatsapp, lingkungan belajar, minat belajar, hasil belajar. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GRUP WHATSAPP, LINGKUNGAN BELAJAR, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG DI MASA PANDEMI COVID ? 19 AV - restricted ER -