@misc{eprints6376, month = {Desember}, title = {PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN METODE DISKUSI PADA KELAS IV SDN 2 PADANG RATU GEDONGTATAAN PESAWARAN TP 2014/2015}, author = {1113109031 PESAH}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas KIP}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/6376/}, abstract = {Rendahnya aktivitas belajar siswa kelas IV SDN 2 Padang Ratu berdampak terhadap rendahnya hasil belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode diskusi di SD Negeri 2 Padang Ratu Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes, menggunakan lembar observasi siswa, kinerja guru pada proses pembelajaran. Untuk mengetahui hasil belajar menggunakan soal-soal tes . Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode diskusi, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukan data di mana pada siklus I aktivitas belajar siswa 62,50 dengan kategori latihan lagi. Sedangkan pada siklus II aktivitas belajar siswa 82,33 dengan kategori bagus. Hasil belajar siswa pada siklus I 55\% dari 20 orang siswa, dan meningkat 35\% menjadi 90\% pada siklus II. Kata Kunci: Metode Diskusi, Aktivitas, Hasil Belajar.} }