%0 Generic %A DIKA MARDIANA, 1516051004 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:63762 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %T ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENGGUNAAN SHOPEE SEBAGAI PILIHAN UNTUK BERBELANJA ONLINE (Studi pada Mahasiswa Universitas Lampung) %U http://digilib.unila.ac.id/63762/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi mahasiswa Universitas Lampung untuk berbelanja online menggunakan E-Commerce Shopee. Desain penelitian kualitatif studi kasus dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Wawancara dilakukan dengan terbuka, terstruktur, dan tidak dalam suasana formal kepada 12 informan dimana 10 di antaranya adalah konsumen/pembeli dan dua informan lainnya adalah penjual/seller pengguna Shopee. Data yang terkumpul pada penelitian ini kemudian direduksi dengan mengelompokan data-data penting yang berkaitan dengan tujuan penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa dalam memengaruhi perilaku berbelanja online menggunakan Shopee, Faktor kepercayaan mencakup kejelasan alamat, kejelasan produk yang dijual, kejujuran toko online dalam memberikan informasi produk, dan memberikan jaminan keamanan dalam bertransaksi, diketahui bahwa kepercayaan konsumen terhadap situs online Shopee merupakan bagian penting dan integral dalam upaya pengambilan keputusan pembelian. Shopee mampu memberikan kemudahan dengan menciptakan fitur-fitur yang dapat memudahkan konsumen dalam melakukan proses pencarian, pemilihan, hingga pembayaran produk yang akan dibeli. Informasi produk yang disampaikan tidak menjadi jaminan bagi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian online menggunakan Shopee. Kata Kunci: E-Commerce, Shopee, Belanja Online