@misc{eprints6378, month = {Desember}, title = {PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015 }, author = {1014121109 JUMILAH}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/6378/}, abstract = {Tujuan dalam penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas belajar tema melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD siswa kelas IV SD Negeri 4 Metro Utara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip penelitian tindakan kelasdengan menggunakan siklus-siklus tindakan, yang berlangsung sebanyak 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi untuk data aktivitas belajar dan tes untuk hasil belajar. Teknis analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pada pembelajaran Tema dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari Peningkatan aktivitas siswa pada siklus I yaitu 74,9\%, siklus II yaitu 83,1\% ,dan peningkatan hasil belajar siswa yang tuntas pada sikluPada siklus I yaitu 63,9\% dan yang tidak tuntas sebesar 37,03\% dari jumlah keseluruhan 26 siswa. Pada siklus II hasil belajar siswa yang tuntas sebesar 81,48\% dan yang tidak tuntas sebesar 18,51\%. Dengan demikian pada siklus II hasil belajar meningkat sebesar 17,52\%. Pada pembelajaran siklus II, sudah memenuhi target ketuntasan yaitu 75\%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV semeter ganjil pada SD Negeri 4 Metro Utara Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, Aktivias Belajar dan Hasil Belajar. } }