%0 Generic %A Inah, Suhainah %C Universitas Lampung %D 2014 %F eprints:638 %I FKIP %T PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN METODE INTERAKTIF PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 DURIAN PAYUNG BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/638/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca pemahaman di SDN 1 Durian Payung Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dengan menggunakan metode interaktif pada siswa kelas V SDN 1 Durian Payung Bandar Lampung. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui siklus-siklus tindakan. Setiap siklus terdiri dari: (1). Perencanaan, (2). Pelaksanaan, (3). Observasi, (4). Refleksi Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode interaktif berhasil meningkatkan pembelajaran membaca pemahaman. Hal ini terlihat dari hasil yang diperoleh dalam siklus I, bahwa rata-rata test keterampilan membaca pemahaman dengan nilai 63 memiliki persentase sebesar 36,36%. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata test keterampilan membaca pemahaman dengan nilai 69 memiliki persentase sebesar 75,75%. Kata Kunci: Membaca pemahaman, metode pembelajaran interaktif