TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints638 UR - http://digilib.unila.ac.id/638/ A1 - Inah, Suhainah Y1 - 2014/01/22/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca pemahaman di SDN 1 Durian Payung Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dengan menggunakan metode interaktif pada siswa kelas V SDN 1 Durian Payung Bandar Lampung. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui siklus-siklus tindakan. Setiap siklus terdiri dari: (1). Perencanaan, (2). Pelaksanaan, (3). Observasi, (4). Refleksi Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode interaktif berhasil meningkatkan pembelajaran membaca pemahaman. Hal ini terlihat dari hasil yang diperoleh dalam siklus I, bahwa rata-rata test keterampilan membaca pemahaman dengan nilai 63 memiliki persentase sebesar 36,36%. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata test keterampilan membaca pemahaman dengan nilai 69 memiliki persentase sebesar 75,75%. Kata Kunci: Membaca pemahaman, metode pembelajaran interaktif PB - FKIP TI - PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN METODE INTERAKTIF PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 DURIAN PAYUNG BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -