@mastersthesis{eprints63836, month = {Juni}, title = {DIGITALISASI PRODUK DAN LAYANAN PERBANKAN (Komuniaksi Persuasif pada Frontliner BNI Tanjungkarang dalam Mendorong Penggunaan BNI Mobile Banking pada nasabah)}, school = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, author = {1826031009 Cinthya Dewi Idrajat}, year = {2022}, url = {http://digilib.unila.ac.id/63836/}, abstract = {Di era Industri 4.0 perkembangan teknologi ke arah digital semakin pesat, salah satunya pada produk dan layanan perbankan yang sudah banyak beralih ke digital. Penelitian ini membahas tentang pemahaman proses komunikasi yang dilakukan frontliner ke nasabah terkait peralihan produk dan layanan konvensional ke digital dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis (1) penyebab nasabah BNI Tanjungkarang memutuskan untuk tidak menggunakan BNI Mobile Banking, (2) proses terjadinya komunikasi yang dilakukan frontliner BNI Tanjungkarang ke nasabah agar mau menggunakan BNI Mobile Banking, (3) mengetahui tentang solusi agar nasabah mau menggunakan BNI Mobile Banking. Penelitian ini menggunakan metodelogi penelitian kualitiatif dengan metode studi kasus. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi persuasif dan ELM (Elaboration Likelihood Model). Kesimpulan: (1) nasabah BNI Tanjungkarang tidak mau menggunakan BNI Mobile Banking karena tidak adanya kemampuan penguasaan teknologi dan tidak adanya motivasi pada diri nasabah untuk bisa menggunakan BNI Mobile Banking. (2) frontliner melakukan komunikasi persuasif dengan memahami tujuan BNI Mobile Banking diciptakan untuk nasabah, lalu frontliner menentukan strategi untuk mengemas pesan persuasif berdasarkan identifikasi kategori nasabah; serta situasi dan kondisi pada saat itu. Setelah itu, barulah frontliner mengemas pesan persuasif dengan cara mengaitkan penawaran dan penjelasan mengenai BNI Mobile Banking pada pandemi Covid-19; brand ambassador BNI; frontliner personal experience dan reward. Tetapi jika nasabah masih menolak, maka forntliner akan tetap membujuk nasabah untuk mengaktifkan BNI Mobile Banking terlebih dahulu; mengedukasi ulang nasabah; mem-follow up dan meninggalkan nasabah kontak pribadi petugas frontliner. Cara berkomunikasi dalam membujuk nasabah menggunaan kalimat yang bermakna sopan atau halus agar nasabah merasa nyaman. (3) BNI Tanjungkarang harus memberikan pelayanan khusus pada nasabah dengan penguasaan teknologi yang rendah dan memiliki trust issue karena kejahatan siber; membuat video tutorial penggunaan BNI Mobile Banking; nasabah dengan penguasaan teknologi digital yang rendah, harus memiliki motivasi yang kuat yaitu belajar menggunakan BNI Mobile Banking. Kata Kunci: Komunikasi Persuasif Frontliner; Kemungkinan Elaborasi; BNI Mobile Banking} }