TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints6384 UR - http://digilib.unila.ac.id/6384/ A1 - ARIS STYADI, 1016041084 Y1 - 2015/01/08/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Indeks Kepuasan Masyarakat pada layanan jasa administrasi rawat inap Jaminan kesehatan masyarakat Pada rumah sakit Abdul Moeloek Provinsi Lampung. Data dari hasil penelitian Indeks Kepuasan Masyarakat ini dapat digunakan untuk menjadi bahan penilaian terhadap unsur pelayanan yang masih perlu diperbaiki dan menjadi motivasi setiap unit penyelenggara pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayananya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan populasi yaitu pasien rawat inap jamkesmas rumah sakit Abdul Moeloek Provinsi Lampung yang telah berobat lebih dari dua kali. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif , datanya dilakukan dengan menggunakan Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat yang dihitung dengan menggunakan nilai rata-rata tertimbang setiap unsur pelayanan dan kemudian dimasukkan kedalam grafik diagram kartesius. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat pada layanan jasa jaminan kesehatan masyarakat rawat inap pada Rumah sakit umum daerah Abdul Moeloek Provisi Lampung diperoleh nilai sebesar 55,97 masuk dalam kategori ?Kurang baik?. Dalam diagram kartesius terdapat Unsur-unsur yang harus diperhatikan dan menjadi prioritas utama untuk dilakukan perbaikan pada rumah sakit Abdul Moeloek Provinsi Lampung adalah prosedur dalam pengurusan pelayanan dan kemanan tempat pelayanan. Sedangkan unsur-unsur yang lainya perlu dipertahankan dan ditingkatkan agar kualitas pelayanan dapat sesuai dengan keinginan masyarakat. Kata Kunci : Kepuasan Masyarakat, Jasa Administrasi JAMKESMAS, Kualitas Pelayanan. ABSTRACT This study aims to identify and describe the Public Satisfaction Index on administrative services guarantee public health inpatient hospital Abdul Moeloek in Lampung Province. Data from the research community satisfaction index can be used to be a material assessment of the service elements that still need to be improved and the motivation of each unit of service providers to improve the quality of his ministry. The method used in this study is a quantitative method, with a population that is a health inpatient hospital Abdul Moeloek Lampung Province who has treated more than twice. The sampling technique in this study using simple random sampling technique with a total sample of 96 respondents. Data analysis techniques in this study using descriptive statistical analysis, the data were performed using the Public Satisfaction Index value is calculated using the weighted average value of each element of the service, and then inserted into a Cartesian diagram chart. Based on the results of this study concluded that the value of Community Satisfaction Index on public health insurance services in the hospital inpatient general Abdul Moeloek Lampung Province region obtained a value of 55.97 in the category of "less good". In a Cartesian diagram there are elements that must be considered and be the top priority for repairs performed at the hospital Abdul Moeloek Lampung Province is the procedure in the management of security services and service locations. While other elements that need to be maintained and enhanced in order to be able to service quality in accordance with the wishes of the people. Keywords: Community Satisfaction, A Health Administrative Services JAMKESMAS, Quality Of Service PB - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik TI - INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PADA LAYANAN JASA RAWAT INAP JAMKESMAS (Studi Pada Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek Provinsi Lampung) AV - restricted ER -