@misc{eprints6385, month = {Desember}, title = {EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA}, author = {0713021023 Evi Listyoningsih}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/6385/}, abstract = {ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental design yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif TPS ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 2 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Sam-pelnya adalah kelas VIIE yang diambil secara purposive sampling. Desain pene-litian ini adalah one-shot case study. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil analisis data, dida-pat persentase siswa yang memahami konsep matematis siswa dengan pembela-jaran kooperatif tipe TPS kurang dari 65\%. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa kelas VII MTs Negeri 2 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata Kunci : TPS, pemahaman konsep matematis} }