%0 Generic %9 Other %A Evi Listyoningsih, 0713021023 %C Universitas Lampung %D 2014 %F eprints:6385 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA %U http://digilib.unila.ac.id/6385/ %X ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental design yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif TPS ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 2 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Sam-pelnya adalah kelas VIIE yang diambil secara purposive sampling. Desain pene-litian ini adalah one-shot case study. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil analisis data, dida-pat persentase siswa yang memahami konsep matematis siswa dengan pembela-jaran kooperatif tipe TPS kurang dari 65%. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa kelas VII MTs Negeri 2 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata Kunci : TPS, pemahaman konsep matematis