%A 1513041066 JULIAN NURSATRIA %T PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DAN RUBRIK PENILAIAN MEMBACA TEKS PUISI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS %X Penilaian (assesmen) merupakan bagian dari evaluasi pencapaian siswa dan guru dalam mengajar. Salah satu instrumen dalam penilaian kognitif adalah tes. Tes didesain untuk mengukur keterampilan yang dibutuhkan siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran. Pada hakikatnya, untuk memahami puisi diperlukan alat kebahasaan dan non kebahasaan. Bagian teks puisi pula terdapat membaca indah. Membaca puisi yang dilakukan dengan estetika dan aturan-aturan yang berlaku sehingga puisi memiliki makna yang sampai kepada pembaca maupun pendengar. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengembangan instrumen tes dan rubrik penilaian dalam pembelajaran teks puisi kelas X. Penelitian ini menggunakan metode research and development. Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan pengembangan instrumen tes dan rubrik penilaian membaca puisi serta kelayakannya sebagai alternatif pilihan untuk mengevaluasi di kelas. Ruang lingkup penelitian ini hanya terfokus pada KD 3.16 Mengidentifikasi unsur intrinsikpuisi tema, amanat, nada/perasaan dan suasana dalam puisi yang dibaca/diperdengarkan dan 4.16 Mendemonstrasikan/Membacakan Puisi yang terdapat di dalam Antologi Puisi. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini dilakukan dengan 4 tahap yaitu, potensidan masalah, desain produk, validasi produk, dan desain teruji. Penelitian ini menunjukkan hasil validasi instrumen tes dan rubrik penilaian yang dikembangkan. Hasil validasi dari ahli materi untuk pengembangan instrumen tes diperoleh rata-rata persentase 70.21 % dengan kriteria sangat layak digunakan, hasil dari ahli bahasa diperoleh rata-rata persentase 71.11% dengan kriteria layak digunakan Hasil validasi praktisi didapat rerata 73.3%. Lalu, Hasil validasi dari ahli materi untuk rubrik penilaian diperoleh rata-rata persentase 72,00 % dengan kriteria sangat layak digunakan, hasil dari ahli bahasa diperoleh rata-rata presentase 82% dengan kriteria layak digunakan dan hasil validasi praktisi didapat rerata 80%. Sehingga instrumen tes pilihan ganda dan instrumen penilaian membaca teks puisilayak digunakan untuk kegiatan belajar mengajar. Kata kunci : pengembangan, penilaian, teks puisi. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2021 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints63877