%0 Generic %A NURSIDIK, IMAY %C universitas lampung %D 2022 %F eprints:63892 %I fakultas keguruan dan ilmu pendidikan %T PROFIL KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN KEPALA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR %U http://digilib.unila.ac.id/63892/ %X Kepala sekolah sudah melaksanakan kepemimpinan pembelajaran, namun perlu adanya pengembangan secara utuh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kepempimpinan pembelajaran talk, walk dan be the caddy kepala sekolah. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Gandri Kabupaten Lampung Selatan, dilaksanakan dari bulan Februari semester genap tahun 2021. Jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dan bersifat alamiah karena objek yang dikembangkan apa adanya tidak dimanipulasi serta kehadiran peneliti tidak ada pengaruh pada objek tersebut.Pengambilan sumber data dengan cara purpose sampling dan bersifat snowball sampling. Subjek penelitian kepala sekolah, komite sekolah, pendidik, tenaga kependidikan, orang tua peserta didik dan peserta didik. Objek penelitianstudy deskriptif kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam mengembangkan kepemimpinan pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, dokumentasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dari mengumpulkan data, deskripsi data mentah, reduksi data, kategori data dan hubungan antar kategori. Uji keabsahan data menggunakan ujicredibility, transferability, dependabilitydan confirmability. Berdasarkan hasil dari penelitian tentang profil kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah di sekolah dasar, sudah diterapkan dengan baik. Kata kunci: kepala sekolah, kepemimpinan pembelajaran talk, walk dan be the caddy.