TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints63912 UR - http://digilib.unila.ac.id/63912/ A1 - FIRDA YUNITA, 1513052042 Y1 - 2022/06/03/ N2 - ABSTRAK HUBUNGAN KETERBUKAAN DIRI (SELF DISCLOSURE) TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA KELAS XI SMA ISLAM KEBUMEN TANGGAMUS TAHUN AJARAN 2020/2021 OLEH FIRDA YUNITA Masalah penelitian ini adalah komunikasi interpersonal yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui apakah ada hubungan antara keterbukaan diri dengan komunikasi interpersonal pada siswa kelas XI di SMA Islam Kebumen Tanggamus Ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI SMA Islam Kebumen Tanggamus berjumlah 72 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengambilan data menggunakan dua skala yaitu skala komunikasi interpersonal dan skala keterbukaan diri. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data product moment, diperoleh nilai sebesar R= 0,644 dengan signifikansi sebesar p=0,000; p<0,005; yang berarti ada hubungan antara keterbukaan diri dengan komunikasi interpersonal yang berarti hipotesis dalam penelitian ini diterima. Keterbukaan diri memberi sumbangan efektif sebesar 43,9% terhadap komunikasi interpersonal, sedangkan 56, 1% diluar keterbukaan diri siswa. Kata kunci : komunikasi interpersonal, siswa, keterbukaan diri. ABSTRACT THE RELATIONSHIP OF SELF DISCLOSURE TOWARDS INTERPERSONAL COMMUNICATION IN CLASS XI STUDENTS OF SMA ISLAM KEBUMEN TANGGAMUS, ACADEMIC YEAR 2020/2021 BY FIRDA YUNITA The problem of this research is the students low interpersonal communication. This study aims to determine whether there is a relationship between selfdisclosure and interpersonal communication in class XI students at SMA Islam Kebumen Tanggamus Ajaran 2020/2021. This research used quantitative methods. The sample of this research is the class XI students of SMA Islam Kebumen Tanggamus totaling 72 students. The sampling technique in this study used a simple random sampling technique. The data collection method used two scales, namely the interpersonal communication scale and the self-disclosure scale. Data analysis in this study using product moment data analysis, obtained a value of R = 0.644 with a significance of p=0.000, p <0.005; which means there is a relationship between self-disclosure and interpersonal communication, which means the hypothesis in this study is accepted. Self-disclosure gives an effective contribution of 43.9% to interpersonal communication, while 56.1% is outside the student's self-disclosure. Keywords: interpersonal communication, student, self-disclosure. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - HUBUNGAN KETERBUKAAN DIRI (SELF DISCLOSURE) TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA KELAS XI SMA ISLAM KEBUMEN TANGGAMUS TAHUN AJARAN 2020/2021 AV - restricted ER -