%A 0913021073 Vindy Antika %T EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DITINJAU DAR KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA ( Studi pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 2Adiluwih Pringsewu Tahun Pelajaran 2014/2015) %X Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Desain yang digunakan adalah posttest only control group design, dengan populasi seluruh siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Adiluwih Pringsewu Tahun Pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian adalah dua kelas dari tujuh kelas yang dipilih dengan teknik purpossive sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui tes tertulis. Penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran Numbered Heads Together efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa di SMP Negeri 2 Adiluwih Pringsewu Tahun Pelajaran 2014/2015 pada materi Statistika. Kata kunci : komunikasi matematis, Numbered Heads Together %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints6393