TY - THES ID - eprints63953 UR - http://digilib.unila.ac.id/63953/ A1 - Ulfa Farida, 1823021004 Y1 - 2022/04/18/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar materi peluang berbasis realistic mathematics education yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan tahapan potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Uji coba dilakukan di SMPN 2 Buay Pemaca. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan tes. Hasil penilaian ini bahwa setiap komponen penilaian bahan ajar dari aspek materi maupun media tervalidasi dengan kriteria baik dan sangat baik. Hasil analisis angket respon siswa diperoleh bahwa bahan ajar dinyatakan sangat praktis. Keefektifan bahan ajar dilihat dari rata-rata skor N-Gain sebesar 0,77 dengan kriteria tinggi, proporsi siswa yang mencapai N-Gain kriteria tinggi sebesar 71%, dan uji t menunjukkan nilai Sig. sebesar 0,003 kurang dari 0,05 sehingga PB - UNIVERSITAS LAMPUNG M1 - masters TI - PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS AV - restricted EP - 1823021004 ER -