TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints640 UR - http://digilib.unila.ac.id/640/ A1 - Nasib, Titik Hariyani Y1 - 2014/01/22/ N2 - Latar belakang penelitian ini, didasarkan hasil observasi dan wawancara terhadap guru kelas VB SD Negeri 1 Metro Barat. Guru belum menerapkan model cooperative learning tipe two stay two stray. Pada saat pembelajaran siswa masih banyak yang tidak memperhatikan penjelasan guru. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya aktivitas siswa. Hasil belajar siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model cooperative learning tipe two stay two stray. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang melalui empat tahapan yaitu; perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Prosedur penelitian ini dilaksanakan melalui tiga siklus. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan kinerja guru serta tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 54,32 ?cukup?, pada siklus II sebesar 72,71 ?aktif? dan pada siklus III sebesar 79,93 ?aktif?. Dengan demikian terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 18,39 dan dari siklus II ke siklus III sebesar 7,22. Rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I sebesar (64,74), siklus II sebesar (69,74) dan siklus III sebesar (77,37). Dengan demikian terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 5 dan dari siklus II ke siklus III sebesar 7,63. Kata Kunci: aktivitas, hasil belajar, cooperative learning tipe two stay two stray. PB - FKIP TI - PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS VB SD NEGERI 1 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013 AV - restricted ER -