TY - THES ID - eprints64000 UR - http://digilib.unila.ac.id/64000/ A1 - ISNAINI MASRUROH , 1823021011 Y1 - 2022/06/23/ N2 - ABSTRAK PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERORIENTASI MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS Oleh: Isnaini Masruroh Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran multimedia berorientasi mind map yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik Proses pengembangan media ini menggunakan model penelitian dan pengembangan ADDIE (analyze, design, develop, implement, dan evaluate). Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP 34 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022 Subjek pada penelitian ini dipilih dengan teknik (cluster random sampling). Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, angket dan tes pemahaman konsep matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji-t. Berdasarkan penelitian diperoleh data hasil validasi multimedia berorientasi mind map oleh dua validator mendapatkan nilai rata-rata 82 dengan kriteria sangat valid. Sedangkan hasil respon guru dan peserta didik terkait media pembelajaran berbasis mind map memperoleh hasil dengan kriteria praktis. Hasil uji hipotesis menggunakan Independent Sample t Test menunjukkan t hitung 2,053 > 2,000 t tabel sehingga efektif meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik. Kata Kunci: Multimedia, Mind Map, Media Pembelajaran, Pemahaman Konsep ABTRACT MIND MAP ORIENTED MULTIMEDIA DEVELOPMENT TO IMPROVE UNDERSTANDING MATHEMATIC CONCEPT By: Isnaini Masruroh This research is a development research that aims to produce a product in the form of a valid, practical and effective mind map-oriented multimedia learning media to improve students' understanding of mathematical concepts. This media development process uses the ADDIE research and development model (analyze, design, develop, implement, and implement). evaluate). The study population was class VIII SMP 34 Bandar Lampung students in the 2021/2022 academic year. The subjects in this study were selected using a cluster random sampling technique. Collecting data using interview techniques, questionnaires and understanding mathematic concept tests. Data analysis techniques used were descriptive statistics and t-test. Based on the research, the data obtained from the mind map-oriented multimedia validation by two validators got an average value of 82 with very valid criteria. While the results of teacher and student responses related to mind map-based learning media obtained results with practical criteria. The results of hypothesis testing using the Independent Sample t Test showed tcount 2,053 > 2,000 ttable, so it was effective in increasing students' understanding of mathematical concepts. Keywords: Multimedia Mind Map, Learning Media, Concept Understanding PB - UNIVERSITAS LAMPUNG M1 - masters TI - PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERORIENTASI MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS AV - restricted EP - 93 ER -