@misc{eprints64012, month = {Juni}, title = {PENGARUH PENGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ADIKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 NATAR }, author = {1613024065 ANGGI NUGRA HENI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2022}, url = {http://digilib.unila.ac.id/64012/}, abstract = {Pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning selama pembelajaran daring pada materi zat aditif dan zat adiktif terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 3 Natar. Penelitian ini menggunakan penelitian Quasi- eksperiment dengan desain kelompok kontrol Pretest-Postest Non-equivalent. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIII A dan VIII B berjumlah 64 peserta didik yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data rata-rata nilai pretest, posttest, dan N-Gain sebagai hasil belajar kognitif dianalisis dengan uji Independent Sample t-test dengan taraf signifikansi {\ensuremath{\alpha}} = 0,05 dan dianalisis dengan menggunakan hasil Uji t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar kognitif peserta didik selama pembelajaran daring. Didapatkan hasil penelitian nilai ratarata N-gain didik pada kelas eksperimen sebesar (0,74{$\pm$}0,07) dan kelas kontrol (0,54{$\pm$}0,11). Hal ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik selama pembelajaran daring. Kata kunci : Discovery Learning, Hasil Belajar Kognitif, Pembelajaran Daring, Google Meeting, Materi Zat Aditif dan Adiktif.} }