%0 Generic %A ANGGI NUGRA HENI, 1613024065 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:64012 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PENGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ADIKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 NATAR %U http://digilib.unila.ac.id/64012/ %X Pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning selama pembelajaran daring pada materi zat aditif dan zat adiktif terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 3 Natar. Penelitian ini menggunakan penelitian Quasi- eksperiment dengan desain kelompok kontrol Pretest-Postest Non-equivalent. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIII A dan VIII B berjumlah 64 peserta didik yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data rata-rata nilai pretest, posttest, dan N-Gain sebagai hasil belajar kognitif dianalisis dengan uji Independent Sample t-test dengan taraf signifikansi α = 0,05 dan dianalisis dengan menggunakan hasil Uji t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar kognitif peserta didik selama pembelajaran daring. Didapatkan hasil penelitian nilai ratarata N-gain didik pada kelas eksperimen sebesar (0,74±0,07) dan kelas kontrol (0,54±0,11). Hal ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik selama pembelajaran daring. Kata kunci : Discovery Learning, Hasil Belajar Kognitif, Pembelajaran Daring, Google Meeting, Materi Zat Aditif dan Adiktif.