title: ANALISIS HUBUNGAN MOTIF BERPRESTASI DENGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 02 Banjar Agung) creator: MULYANI, 1513021071 subject: 370 Pendidikan subject: 510 Matematika description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motif berprestasi dengan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 02 Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 195 siswa dan terdistribusi kedalam lima kelas. Sampel yang terpilih yaitu kelas VIII C melalui teknik Cluster random sampling dan terdapat sebanyak 28 siswa kelas VIII C yang menjadi sampel penelitian. Desain yang digunakan adalah desain penelitian korelasional. Data penelitian berupa data kuantitatif yang diperoleh dari pengisian skala motif berprestasi dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi spearman rank, dengan. rs = 0,75. Kesimpulan dari penelitian ini adalah motif berprestasi memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, dengan koefisien determinasi sebesar 56%. Artinya 56% kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dipengaruhi oleh motif berprestasi, semakin tinggi motif berprestasi maka kemampuan pemahaman konsep matematis siswa juga semakin tinggi. publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan date: 2022-06-30 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/64027/1/Abstrak.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/64027/2/Skripsi%20Full.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/64027/3/Skripsi%20Tanpa%20Pembahasan.pdf identifier: MULYANI, 1513021071 (2022) ANALISIS HUBUNGAN MOTIF BERPRESTASI DENGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 02 Banjar Agung). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/64027/