TY - THES ID - eprints64099 UR - http://digilib.unila.ac.id/64099/ A1 - ISMI DESHAYATI , 1823021009 Y1 - 2022/06/29/ N2 - ABSTRAK PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS Oleh Ismi Deshayati Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa LKPD berbasis Problem Based Learning yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didik. Proses pengembangan media ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMA N 1 Gunung Alip Tahun Pelajaran 2021/2022. Subjek pada penelitian ini dipilih dengan teknik (cluster random sampling). Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, angket dan tes kemampuan reflektif matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji-t. Berdasarkan penelitian diperoleh data hasil validasi LKPD berbasis Problem Based Learning oleh dua validator mendapatkan nilai rata-rata 79,86 dengan kriteria valid. Sedangkan hasil tanggapan guru dan siswa terkait LKPD berbasis Problem Based Learning memperoleh presentase 88,15 % dan 84,82 % dengan kriteria praktis. Hasil Uji-t menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan efektif meninkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didik. Sehingga LKPD berbasis Problem Based Learning dapat digunakan sebagai bahan ajar alternatif dalam pembelajaran untuk membantu meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didik. Kata Kunci: LKPD, Problem Based Learning, reflektif matematis. PB - UNIVERSITAS LAMPUNG M1 - masters TI - PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS AV - restricted EP - 85 ER -