%A 1901071026 MEGA SILVIA %T FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMASARAN PUPUK PADA BUMDES BINA USAHA DESA NEGARA SAKA KECAMATAN NEGERI KATON KABUPATEN PESAWARAN %X ABSTRAK FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMASARAN PUPUK PADA BUMDES BINA USAHA DESA NEGARA SAKA KECAMATAN NEGERI KATON KABUPATEN PESAWARAN Oleh MEGA SILVIA BUMDes Bina usaha di desa Negara Saka merupakan BUMDes yang didirikan dengan tujuan untuk menopang dan meningkatkan ekonomi desa. BUMDes Bina Usaha memiliki beberapa unit usaha yang salah satunya adalah jual beli pupuk. Dalam pengadaan pupuk pada BUMDes Bina Usaha mereka menyediakan pupuk non organik bersubsidi yang dimana BUMDes Bina Usaha membantu para petani untuk memenuhi kebutuhan pada musim tanam. Tujuan laporan akhir ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pemasaran pupuk pada BUMDes Bina Usaha desa Negara Saka kecamatan Negeri Katon. Penelitian dilakukan dengan menggunakan data penelitian kualitatif yang bersifat deskptif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Hasil laporan akhir ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pemasaran pupuk pada BUMDes Bina Usaha diantaranya yaitu faktor produk faktor harga, faktor saluran distribusi, faktor promosi, faktor sumber daya manusia, faktor proses, faktor bukti fisik. Dalam faktor-faktor yang mempengaruhi pemasaran pupuk ada beberapa yang telah mempengaruhi pemasaran dengan baik diantaranya yaitu produk, harga, promosi, proses, bukti fisik dan ada juga faktor-faktor yang mempengaruhi pemasaran pupuk belum dilakukan dengan baik diantaranya yaitu saluran distribusi dan sumber daya manusia. Kata Kunci: Pemasaran, BUMDes. %D 2022 %I FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS %L eprints64105