title: PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR creator: Putri Anggraeni, 1813053112 subject: 372 Pendidikan dasar description: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar peserta didik kelas V di SD Negeri 2 Rejomulyo diduga karena pendidik masih menggunakan media pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media pembelajaran powtoon terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V di sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian quasi eksperiment menggunakan desain non-equivalent control group post-test only design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 63 orang peserta didik yang terbagi menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengambilan data menggunakan lembar observasi dan lembar kuesioner. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji Mann Whitney. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai sigifikansi sebesar 0.000 (p = <0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh media pembelajaran powtoon sebesar 32% terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V di SD Negeri 2 Rejomulyo Tahun Pelajaran 2021/2022. Kata kunci: media pembelajaran, motivasi belajar, powtoon publisher: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan date: 2022-07-14 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/64107/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/64107/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/64107/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: Putri Anggraeni, 1813053112 (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/64107/