%A 1864131003 JUANDA NASA PUTRA %T VALUASI EKONOMI DENGAN METODE TRAVEL COST DESTINASI WISATA RIVER TUBING BRONJONG KECAMATAN WAY LIMA KABUPATEN PESAWARAN %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi jumlah kunjungan ke Wisata River Tubing Bronjong, nilai ekonomi destinasi wisata River Tubing Bronjong, dan kepuasan pengunjung terhadap atribut biaya wisata. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan jumlah responden sebesar 58 orang. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis linear berganda, analisis deskriptif, dan analisis customer satisfaction index (CSI) yang dilakukan pada Bulan Desember 2021-Januari 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi jumlah kunjungan wisata River Tubing Bronjong adalah jarak, umur, pendidikan, dan pendapatan. Nilai ekonomi wisata River Tubing Bronjong adalah sebesar Rp5.407.448.275.862,07 per tahun. Tingkat kepuasan pengunjung terhadap atribut biaya sebesar 77.25 persen yang menunjukan bahwa pengunjung puas dengan atribut biaya yang dikeluarkan ketika berwisata ke River Tubing Bronjong. Kata kunci : jumlah kunjungan, kepuasan pengunjung, nilai ekonomi This study aims to analyze the factors that influence the number of visits to the River Tubing Bronjong Tourism, the economic value of the River Tubing Bronjong tourist destination, and visitor satisfaction with the attributes of tourism costs. This study uses a survey method with a total of 58 respondents. The analytical method used is multiple linear analysis, descriptive analysis, and customer satisfaction index (CSI) analysis conducted in December 2021-January 2022. The results show that the factors that influence the number of tourist visits River Tubing Bronjong are distance, age, education, and income. The economic value of River Tubing Bronjong tourism is Rp. 5,407,448,275,862.07 per year. The level of visitor satisfaction with the cost attribute is 77.25 percent, which shows that visitors are satisfied with the cost attributes incurred when traveling to River Tubing Bronjong. Keywords: tourism, visitor satisfaction, economic value. %D 2022 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 1864131003 %I FAKULTAS PERTANIAN %L eprints64207