TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints6424 UR - http://digilib.unila.ac.id/6424/ A1 - Riya Mariga Sari, 0853024043 Y1 - 2014/12/19/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Achievement Division STAD terhadap keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII1 dan VIII4 yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-U dan data kualitatif berupa hasil observasi aktivitas belajar siswa yang dianalisis secara deskriftif dan angket tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Achievement Division (STAD). Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan keterampilan proses sains siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain 63,30 lebih tinggi dari N-gain kelas kontrol 50,96. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Team Achievement Division (STAD) terhadap keterampilan proses sains siswa. Peningkatan aktivitas belajar siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen lebih tinggi (75%) dibandingkan dengan kelas kontrol (71%), aspek kemampuan bekerja sama dengan teman dan membuat kesimpulan merupakan aktivitas dengan kriteria tinggi. Hal ini terdapat pengaruh yang signifikan dari aktivitas belajar siswa pada materi pokok Struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Kata kunci: Model Team Achievement Division (STAD), Keterampilan Proses Sains, Aktivitas Belajar, Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - Penerapan Model Pembelajaran Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Pokok Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan AV - restricted ER -