@misc{eprints64253, month = {Juli}, title = {EFEKTIVITAS PENYELESAIAN LAPORAN PERTANAHAN DI OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN PROVINSI LAMPUNG}, author = { 1816041041 MEYLIN WULANDARI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK }, year = {2022}, url = {http://digilib.unila.ac.id/64253/}, abstract = {Tanah mempunyai peran tersendiri guna membangun kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat secara nasional, guna membangun kesejahteraan nasional tidak selalu menimbulkan dampak postif bisa juga menimbulkan dampak negative bahkan konflik pertanahan yang banyak terjadi dilapangan yang menimbulkan laporan masyarakat kepada Ombudsman selaku lembaga yang berwewenang dalam menyelesaiakan permasalahan pelayanan publik. Permasalahan pada penelitian ini adalah meningkatnya laporan masyarakat dengan permasalahan pertanahan di Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Lampung yang tergolong laporan klasifikasi sedang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penyelesaian laporan pertanahan di Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Lampung. Metode yang di gunakan adalah deskriftif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah wawancara, Observasi dan Dokumentasi yang dikaji dengan indikator efektivitas dari Richard M Steers terdiri dari Produktivitas, Kemampuan adaptasi, kepuasan kerja dan pencarian sumber daya. Hasil dari penelitian ini menunjukan efektivitas penyelesaian laporan Pertanahan di Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Lampung sudah efektif, pada indikator produktivitas Ombudsman dapat menyelesaikan permasalahan pertanahan secara tepat waktu, dan sesuai tahapan yang ada di Peraturan Ombudsman. Pada indikator kemampuan adaptasi Ombudsman Lampung mampu beradaptasi dengan regulasi yang terus berkembang berkaitan dengan permasalahan pelayanan publik, mampu beradaptasi dari kepala perwakilan sampai dengan sesama asisten, mampu berdapatasi dengan dengan adanya Work From Home dan mampu beradapatasi dengan lingkungan sosial politik yang ada di sekitar. Pada indikator Kepuasan kerja Ombudsman Lampung merasa puas telah menyelesaikan permasalahan masyarakat sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang telah di berikan, dan masyarakat merasa puas atas laporan yang telah di bantu penyelesaiannya oleh Ombudsman Lampung. Pada indikator pencarian sumber daya asisten yang ada di ombudsman merupakan asisten yang berkompeten, yang sudah mendapatkan pelatihan-pelatihan, dari sisi jumlah asisten sudah memenuhi tetapi masih membutuhkan lagi asisten akibat banyaknya laporan masyarakat yang harus diselesaikan. Kata Kunci: Efektivitas, Penyelesaian Laporan Pertanahan, Ombudsman Perwakilan Lampung} }