%0 Generic %A DESRIANDI , 1653053023 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:64273 %I FAKULTAS KEPENDIDIKAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PEMAHAMAN PENDIDIK SD TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK DI KECAMATAN ENGGAL BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/64273/ %X ABSTRAK PEMAHAMAN PENDIDIK SD TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK DI KECAMATAN ENGGAL BANDAR LAMPUNG Oleh DESRIANDI Masalah dalam penelitian ini rendahnya pemahaman pendidik SD tentang kompetensi pedagogik di Kecamatan Enggal Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman pendidik terhadap peserta didik, pemahaman pendidik dalam perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dan pemahaman pendidik dalam evaluasi hasil belanjar. Metode penelitian dalam penelitian inii menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 191 Pendidik. Sampel penelitian 59 pendidik ditentukan menggunakan teknik area sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pendidik memiliki pemahaman yang sangat tinggi (sangat baik) tentang kompetensi pedagogik dalam memahami peserta didik, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi hasil belajar. Kata Kunci: kompetensi pedagogik, pemahaman pendidik ABSTRACT UNDERSTANDING OF ELEMENTARY TEACHERS ABOUT PEDAGOGIC COMPETENCE IN ENGGAL DISTRICT, BANDAR LAMPUNG By DESRIANDI The problem in this study is the low understanding of elementary school teachers about pedagogic competence in Enggal District, Bandar Lampung. This study aims to describe the level of understanding of teachers towards students, understanding of teachers in planning, implementing learning and understanding of teachers in evaluating the results of spending. This metod of research is descriptive with quantitative. The population in this study amounted to 191 educators. The research sample of 59 educators was determined using the area sampling technique. The data collection instrument used a questionnaire. The data analysis technique used quantitative descriptive data analysis. The results showed that most of the teachers had a very high (very good) understanding of pedagogic competence in understanding students, planning lessons, implementing learning and evaluating learning outcomes. Keywords: pedagogic competence, teacher understanding