TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints643 UR - http://digilib.unila.ac.id/643/ A1 - , FARIDA Y1 - 2011/09/23/ N2 - Tidak semua siswa dapat menulis sesuai dengan kaidah yang benar. Oleh karena itu perlu adanya upaya untuk memperbaiki tulisan tersebut agar lebih rapih, jelas, dan benar serta mudah dibaca. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas dan aktivitas menulis siswa yaitu melalui media gambar dengan menggunakan buku tulis. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas tulisan dan aktivitas penulisan karangan kelas V SD Negeri 6 Gedung Air Bandar Lampung. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus pada siswa kelas V sebanyak 27 orang yang terdiri dari 16 laki-laki dan 11 perempuan. Hasil pembelajaran setiap siklus mengalami peningkatan yaitu siklus I rata-rata hasil belajar adalah 6,0. Sedangkan rata-rata hasil belajar pada siklus II sebesar 7,01. Penelitian membuktikan bahwa dengan menggunakan media gambar tulisan siswa kelas V dapat ditingkatkan lebih rapih, jelas. Kata Kunci : aktivitas siswa, penulisan karangan deskriptif, media gambar. PB - Fakultas KIP TI - PENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA PADA PENULISAN KARANGAN DESKRIPSI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI KELAS V SD NEGERI 6 GEDUNG AIR TANJUNG KARANG BARAT TAHUN PELAJARAN 2010/2011 AV - restricted ER -